Rumah Literasi Kreatif

 


Rumah Literasi Kreatif (RULIKA) adalah salah satu tempat yang didirikan oleh Walrina. Seorang ibu rumah tangga dan penulis novel. Awalnya, rumah literasi kreatif adalah sebuah taman bacaan masyarakat yang didirikan secara pribadi dengan bantuan dari teman-teman penulis di seluruh Indonesia.

Awalnya hanya memiliki 50 buah buku koleksi pribadi. Hingga saat ini, jumlah buku yang ada di Rumah Literasi Kreatif sudah memiliki sekitar 1500 koleksi.

 Rumah Literasi Kreatif berdiri pada 18 Februari 2018. Awalnya, tempat ini didirikan atas keprihatinan karena kesulitan untuk mengakses buku-buku bacaan di pedesaan. Minimnya akses informasi dan transportasi, membuat tingkat literasi di desa berada pada titik paling rendah.

Sejalan dengan program pemerintah tentang penguatan literasi. Maka, rumah literasi kreatif berusaha untuk terus meningkatkan program-program kegiatannya dan mengaplikasikan 6 pola literasi dasar yakni;

1. Literasi Baca Tulis

2. Literasi Berhitung

3. Literasi Sains

4. Literasi Digital

5. Literasi Finansial

6. Literasi Budaya dan Kewargaan


Tidak hanya memiliki akses bahan bacaan. Rumah Literasi Kreatif Bunga Kertas menjadi Sosial Inkubator yang memberikan fasilitas untuk warga desanya dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Rumah Literasi Kreatif terus berkembang dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan. Memberikan kepedulian kepada semua masyarakat untuk mengembangkan potensi diri dan potensi daerahnya.



___________________________________________________


Kontak :

Email : rumahliterasikreatif@gmail.com

Instagram : @rumahliterasikreatif

Facebook : Rumah Literasi Kreatif



Comments

Post a Comment

Popular Posts