Tim Kaligrafi Rulika Berhasil Meraih 8 Piala Pada Ajang MTQ Ke-44 Kecamatan Samboja

 

Samboja, 08 Juli 2023

MTQ Ke-44 Kecamatan Samboja yang diselenggarakan di Kuala Samboja, menjadi salah satu momen berharga bagi RULIKA.

Tim kaligrafi yang selama ini berlatih bersama di Rumah Literasi Kreatif, berhasil membawa pulang 8 piala. Dari 13 piala yang diperoleh oleh Desa Beringin Agung, 8 piala disumbangkan oleh tim kaligrafi yang ada di Rumah Literasi Kreatif.

Tim kaligrafi yang dikirim lewat Rulika berhasil mendapatkan gelar juara sebagai berikut:
1. Juara Terbaik 3 Khat Dekorasi Puteri
2. Juara Terbaik 2 Khat Dekorasi Putera
3. Juara Terbaik 3 Khat Mushaf Putera
4. Juara Harapan 2 Khat Mushaf Puteri
5. Juara Terbaik 3 Khat Naskah Puteri
6. Juara Harapan 1 Khat Naskah Puteri
7. Juara Harapan 2 Khat Kontemporer Puteri
8. Juara Harapan 1 Khat Kontemporer Putera
4. Juara Terbaik 


Selain didampingi langsung oleh Walrina selaku pendiri Rumah Literasi Kreatif, tahun ini tim kaligrafi mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari Ustadz Haris Al-Muhasibi. Salah satu kaligrafer asal Samboja yang sudah sering mengikuti lomba kaligrafi sampai ke tingkat nasional.
Ini adalah tahun ke-4 Rulika melakukan pendampingan kepada putera-puteri asli Desa Beringin Agung yang memiliki minat dan bakat di bidang seni rupa dan kaligrafi. Meski sudah berjalan selama 4 tahun, bukan berarti sudah berhasil membuat karya yang bagus. Semuanya masih berproses. Bahkan sampai saat ini, belum ada yang bisa tembus sampai ke tingkat nasional. Hal ini dikarenakan, semuanya belajar secara otodidak dan hanya di waktu luang. Karena anak-anak sudah disibukkan dengan rutinitas sekolah full day, ada juga yang sibuk bekerja. Sehingga, waktu untuk berlatih sangatlah minim. 
Selain waktu, peralatan yang ada juga sangat minim. Mereka harus bisa menghemat bahan dengan mengurangi intensitas latihan agar anggaran yang ada bisa cukup sampai waktunya perlombaan tiba. Jika tidak, mereka harus menanggung risiko kehabisan bahan saat lomba berlangsung dan hal itu bisa berakibat fatal pada hasil karya mereka.

Harapannya, anak-anak yang memiliki minat di bidang seni rupa dan kaligrafi bisa terus bertambah. Yang telah mengikuti perlombaan juga bisa terus memberikan yang terbaik untuk karya-karyanya.



Comments

Popular Posts