Pelopor Berdirinya Rumah Literasi Kreatif



Taman Bacaan Bunga Kertas merupakan salah satu implementasi Literasi Baca-Tulis di Rumah Literasi Kreatif. Taman baca ini didirikan oleh Walrina (Seorang penulis dan pegiat komunitas) pada tanggal 18 Februari 2018. Taman bacaan inilah yang menjadi pelopor berdirinya Rumah Literasi Kreatif. 
Sebelum menjadi Yayasan Rumah Literasi Kreatif, organisasi ini hanya berawal dari sebuah taman baca kecil yang dibuka secara pribadi oleh Walrina di teras rumahnya. Seiring berjalannya waktu, taman bacaan ini bertransformasi menjadi Yayasan Rumah Literasi Kreatif yang menjadi inkubator sosial di Desa Beringin Agung dan sekitarnya.
Taman bacaan ini tidak hanya menyediakan buku-buku bacaan untuk masyarakat. Tetapi juga memberikan akses peminjaman buku secara GRATIS kepada masyarakat umum. Selain itu, taman bacaan juga menjadi pusat kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa sekitar. Ada banyak kegiatan yang dilakukan di taman bacaan sebelum menjadi Yayasan Rumah Literasi Kreatif seperti : Kegiatan mewarnai atau menggambar, kegiatan belajar Bahasa Inggris, pelatihan bagi ibu-ibu di desa, pelatihan untuk anak-anak remaja, dll.
Dengan adanya taman bacaan ini, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Masyarakat sekitar menjadi masyarakat yang melek literasi dan mampu mengembangkan diri sebagai bekal dalam kehidupan bermasyarakat.

Comments

Popular Posts